Patung Soekarno Akan Menyapa Pelintas Batas RI-RDTL di PLBN Motamasin Tahun 2020

Kupang (Outsiders) – Akan ada patung Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motamasin, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Patung tersebut dibuat di Yogyakarta dengan bahan dasar perunggu. Patung Soekarno ini tiba di PLBN Terpadu Motamasin pada Sabtu (21/12/2019).

Kepala Proyek PT Nindya Karya (Persero) untuk Pembangunan PLBN Motamasin, Dony Prastya Kesuma, mengatakan tinggi patung Soekarno ini kurang lebih setinggi 10 meter.

Rencananya disekitar area patung dibangun taman kecil yang dilengkapi tangga dan umpakan untuk patung.

Patung Soekarno yang akan dipasang ini mengenakan peci dan tangan kiri menggenggam tongkat. Sementara tangan kanan menunjuk ke zona inti bangunan PLBN Motamasin. 

Menurut Dony keberadaan patung Soekarno ditambah patung burung Garuda di PLBN ini dapat menunjukkan karakter Indonesia sebagai bangsa yang besar. Adanya patung ini diprediksi menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun wisatawan dari Republik Democratic Timor Leste (RDTL).

Diperkirakan patung proklamator ini akan selesai pada tahun 2020 mendatang.

‚ÄúTarget penyelesaian patung ini sama dengan bangunan lain sesuai dengan kontrak pada bulan Juli 2020. Tapi kami harapkan bisa lebih cepat,” ujar Dony seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, Kamis (26/12/2019).

Patung Soekarno ini juga akan dibangun di dua PLBN Tepadu lainnya yang ada di Provinsi NTT, yaitu di PLBN Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara dan PLBN Motaain, Kabupaten Belu.

Pos terkait