40 juta manusia akan hadapi banjir laut menjelang 2100 jika es di Greenland terus mencair

13 Viewed Akhdi Dehabebdi 0 respond

Greenland (Outsiders) – Pencairan es di Greenland bergerak tujuh kali lebih cepat dari perkiraan, yang jika terus berlanjut diperkirakan lebih dari 40 juta manusia akan hadapi banjir laut menjelang 2100.

Hal tersebut di perkiraan setelah 96 ilmuwan yang meneliti fenomena di kutub, dan menemukan fakta bahwa sejak tahun 1992, sebanyak 3,8 triliun ton es telah mencair. Hal tersebut berdampak pada peningkatan air laut hingga 10,6 milimeter.

Penelitian tersebut di pimpin oleh Professor Andrew Shepherd dari University of Leeds dan Dr. Erik Ivins dari labor NASA di California, dan hasil penelitian di sahkan oleh European Space Agency (ESA) dan NASA.

Hasil penemuan ini di terbitkan di majalah Nature pada tanggal 10 Desember 2019 lalu. Dari hasil penemuan tersebut ditemukan rata-rata pencairan es meningkat dari 33 miliar pertahun hingga 254 miliar pertahun dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Professor Shepherd menyatakan bahwa setiap sentimeter peningkatan air laut, maka 6 juta orang di seluruh dunia beresiko berhadapan dengan banjir laut. Hal ini nantinya juga berdampak pada populasi yang berdiam atau tinggal di daerah pantai, dimana kediaman mereka akan beresiko ditenggelamkan air laut.

Single content advertisement top

Filed in

Regenerasi orangutan harus menjadi perhatian semua pihak

Jokowi ingatkan SK Perhutanan Sosial dapat dicabut

Related posts