238 dari 245 WNI di Wuhan berhasil di evakuasi

Jakarta (Outsiders) – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto, menyatakan bahwa 238 dari 245 WNI di Wuhan berhasil di evakuasi.

Hal tersebut diberitakan oleh antaranews.com, Minggu (2/2/2020). Menkes mengisyaratkan bahwa beberapa orang dari total keseluruhan yang akan di evakuasi tidak dapat di bawa pulang ketanah air.

Ia menyebutkan, ada empat orang yang secara sadar menolak untuk di pulangkan. “Empat orang menyatakan untuk tidak mau berangkat karena lebih nyaman disana. Meski kita sudah tawarkan semua.” kata Menkes.

Sisa tiga orang lagi, menurut Menkes, tidak bisa dievakuasi karena alasan tidak lulus uji pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pemerintah China.

“Yang tiga tidak lolos screening, screening yang dilakukan pemerintah China yang meliputi bertahap, tiga tahap mereka harus jalani,” ujarnya.

Menkes juga menambahkan meski 238 WNI yang berhasil dievakuasi adalah mereka yang dinyatakan sehat oleh pemerintah China, namun hal tersebut tidak membuat pemerintah RI untuk langsung yakin.

Pemereintah RI berencana akan melakukan observasi terhadap 238 WNI yang berhasil di evakuasi tersebut setelah mereka sampai ditanah air.

Menkes menegaskan bahwa ketika mereka telah sampai di Indonesia mereka akan diperiksa kembali sesuai dengan standar WHO.

Pos terkait