Suap Gubernur Kepri, Kock Meng divonis 1 tahun 6 bulan

12 Viewed redaksi 0 respond
Ilustrasi : Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menjalan pemeriksaan (Foto: merdeka.com)

Jakarta (Outsiders) – Kasus suap Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) terkait pengurusan izin prinsip yang bergulir di Pengadilian Tindak Pidana Korupsi Jakarta, akhirnya memvonis Pengusaha Kock Meng 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp100 juta subsider kurungan 3 bulan, Senin (10/02/2020).

Amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Iim Nurhamin menyatakan terdakwa Kock Meng telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tipikor  secara bersama- sama dan berlanjut.

“Menjatuhkan pidana oleh karenanya terhadap terkdakwa dengan pidana selam 1 tahun 6 bulan dan pidana denda sejumlah Rp100 juta, dan apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti denda kurungan selama 3 bulan,” demikian diucapkan Iim dalam persidangan.

Single content advertisement top

Diketahui, Kock Meng bersama rekannya Johanes Kodrat dan Abu Bakar meberi uang kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun sebesar Rp45 juta dan 11 ribu dolar Singapura.

Uang tersebut diniatkan agar Nurdin Basirun menandatangani Surat Izin Prinsip Pemanfaatan Laut atas nama Kock Meng seluas 6,2 ha, atas nama Abu Bakar seluas 10,2 ha.

Dua izin prinsip tersebut dicanangkan untuk masuk dalam daftar Rencana Peraturan Daerah Rencana Zonasi Wilayah Pesisi Pantai dan Pulau- pulau Kecil.

Atas Vonis tersebut, Kock Meng menerima putusan tersebut, namun jaksa penuntut umum KPK menyatakan masih fikir- fikir.

P2N

Filed in

Indonesia produksi drone militer massal 2022 mendatang

TNI AL dan RAN Gelar SMEE UNCLOS

Related posts