Sun Moon Lake, Pesona Pulau Formosa

  • Whatsapp
Sun Moon Lake, Danau Matahari Bulan, Taiwan

Taiwan (Outsiders) – Berkunjung ke Taiwan belum lengkap rasanya bila tidak singgah ke Formosan Aboriginal Culture Village (FACV), terletak di  kota kecil Yuchi, Kabupaten Nantou, terutama untuk menikmati bentangan danau Sun Moon nan alami yang  mampu membuat ketegangan saraf otak mengendur, saat menikmati keindahan yang dibalut atmosfir kesejukannya.

Area seluas 62 ha ini sengaja dihidupkan kembali oleh pemerintah Taiwan sebagai upaya melestarikan budaya suku asli pulau Formasa. Diketahui kaum aborigin FACV merupakan ras Austronesia, sama seperti  yang tersebar di sejumlah pelosok Nusantara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Brunei Filipina hingga Madagaskar.

Posisi Sun Moon Lake atau Danau Matahari Bulan yang terhubung dengan FACV, berada pada 748 meter diatas permukaan laut dan memiliki empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi . Sayangnya saat berada di sana bukan pada musim semi, sehingga tidak dapat melihat warna- warni Sakura bermekaran.

Sun Moon Lake adalah destinasi wisata Taiwan Tengah yang sangat direkomendasikan setiap biro perjalanan wisata di sana. Selain kesejukannya, kawasan ini disebut- sebut sebagai surga bagi pencinta sepeda karena pemerintah setempat membangun jalur khusus bersepeda mengelilingi danau serta sejumlah area yang satu sama lainnya terkoneksi.

Suasana pertokoan di kawasan wisata Sun Moon Lake

Bila ingin bersepeda, wisatawan dapat menyewa melalui sejumlah toko dengan harga rata- rata 180 Dolar NT atau sekitar Rp.85 ribu per tiga jam. Sementara kondisi cuaca sangat mendukung  untuk mengitari Danau hingga ke kuil Buddha Xuanguang serta dermaga Shuishe dan Ita Thao tanpa merasa letih.

Dermaga Fery SHuishe

Danau seluas 827 hektar dengan kedalaman 30 meter ini,  juga dapat dijelajah menggunakan kapal fery melalui pelabuhan Shuishe bertarif paling murah 80 Dolar NT atau setara Rp.35 ribu bila bersama rombongan, dan 300 Dolar NT atau Rp.180 ribu bila membeli tiket mandiri.

Halte Bus di kawasan Sun Moon Lake

Kata orang Taiwan, belum sah ke Formosa jika tidak mengunjungi Sun Moon Lake. Banyak cara untuk menempuh lokasi ini, misalnya menggunakan High Speed Rail (HSR) atau kereta cepat dari Taipei menuju ke Taichung,  kemudian transit menggunakan bus wisata menuju Sun Moon Lake dengan total waktu tempuh sekitar dua setengah jam lebih, atau dapat menggunakan bus langsung dari Taipe, namun durasi perjalanan agak panjang, yaitu sekitar lima jam.

Pewarta : Syam Irfandi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *