RDK salurkan qurban donatur di Jalan Bukit Jamin

  • Whatsapp
Direktur Eksekutif RDK, Nanda Novitraldi didamping pengurus mesjid Nurul Ikhlas menyerahkan karkas qurban kepada salah seorang warga Jalan Bukit Jamin, Sabtu (01/08/2020)

Pekanbaru (Outsiders) – Puncak penyelenggaraan Program Qurban 2020 – Rumah Donasi Kemanusiaan (RDK)  sukses dilaksanakan di Mesjid Nurul Ikhlas Jalan Bukit Jamin RT 02 RW 04, Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Sabtu (01/08/2020).

Dipilihnya lokasi tersebut sebagai pendistribusian hewan qurban pada Idul Adha 1441 H,  dikatakan Direktur Utama Rumah Donasi Kemanusian, Budi Santoso, karena selain berada di daerah pinggiran, masyarakat setempat belum memiliki kesempatan untuk menyelenggarakan ibadah qurban.

“Program Qurban 2020 dibuat untuk menyalurkan hewan qurban donatur kami kepada masyarakat pinggiran. Tahun ini kita memilih kawasan Jalan Bukit Jamin karena masyarakat di sana belum memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan ibadah qurban,” ujar Budi kepada wartawan, Ahad (02/01/2020)

Sebagai upaya menciptakan semangat dan motivasi berqurban, RDK sengaja tidak mendistibusikan karkas kepada masyarakat setempat, namun mengirim langsung hewan qurban yang berhasil dihimpun dari  donatur  RDK, yaitu satu ekor sapi dan dua ekor kambing.

“Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan langsung oleh masyarakat setempat, dan Alhamdulillah karkas atau daging qurban yang diperoleh dapat didistribusikan kepada empat Rukun Tetangga, yaitu RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04,” kata Budi.

Dilain pihak, Ketua Mesjid Nurul Iikhlas, Dedi, mengucapkan terima kasih atas bantuan RDK mendistribusikan hewan qurban kepada masyarakat Jalan Bukit Jamin. Ia menyebutkan antusias masyarakat bergotong royong menyelenggarakan proses pemotongan hewan qurban hingga pembagian kepada masyarakat sangat tinggi.

“Kami akui masyarakat di sini belum memiliki kecukupan untuk menyelenggarakan ibadah qurban karena pekerjaan warga rata- rata adalah buruh batu bata. Dengan adanya bantuan hewan qurban seperti ini,  warga kami sangat bergembira sekali,” ungkap Dedi.

Diceritakan Dedi, Idul Adha tahun- tahun sebelumnya ia bersama sejumlah warga sempat berkeliling ke sejumlah mesjid meminta daging qurban yang  akan dibagi kepada  masyarakat Jalan Bukit Jamin.

“Alhamdulillah tahun ini kami tidak perlu keliling dari mesjid ke mesjid mengumpulkan daging qurban karena pihak Rumah Donasi Kemanusiaan telah mengirimkan hewan qurban dari donatur mereka,” ujar Dedi.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Hj Arwinda Gusmalina terlihat turut membaur bersama anak- anak warga Jalan Bukit Jamin dalam program dakwah dan edukasi di mesjid Nurul Ikhlas, Sabtu (01/08/2020)


Melengkapi kebahagiaan masyarakat Jalan Bukit Jamin , RDK berkerja sama Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru melaksanakan kegiatan dakwah bagi anak- anak setempat.

Bentuk acara yang ditaja adalah pengenalan Al Quran metode Iqro dan kuis edukasi lainnya. Kegiatan tersebut juga mendapat sambutan meriah dari anak- anak,  apalagi ketika salah seorang anggota DPRD Kota Pekanbaru, Hj. Arwinda Gusmalina turut hadir memeriahkan acara.

Terlihat Arwinda melebur  dan dengan akrab menyapa anak- anak sambil melontarkan sejumla pertanyaan. “Saya hanya ingin berbagi  kebahagiaan bersama mereka,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Manajer Program RDK, Muhamad Iqbal menyebutkan tahun depan kegiatan serupa akan ditingkatkan agar lebih banyak lagi kawasan pinggiran yang tidak memiliki kesempatan menikmati daging kurban dapat  dibantu. “Tahun ini kami masih fokus di daerah kawasan pinggiran kota Pekanbaru. Insha Allah tahun depan dapat menggapai kawasan lain,” ujar Iqbal.

Iqbal juga menghimbau seluruh masyarakat dapat berperan serta sebagai donatur untuk pelaksanaan sejumlah program RDK, diantaranya Program Rumah Duaafapreneur, Rumah Pertanian Sehat, Beasiswa Rumah Donasi, Rumah Tahfidz Quran, Pembangunan mesjid dan mushala daerah pinggiran, Program Air Bersih kawasan pinggiran dan lain sebagainya.

“Minggu Pertama Agustus 2020 ini kami mulai membangun Rumah Tahfidz Quran di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Untuk pusat pendidikan kami telah mendapat bantuan hibah pakai satu unit rumah selama 10 tahun. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat menyalurkan bantuannya dengan menhubungi kami,” ujar Iqbal.

YAYASAN RUMAH DONASI KEMANUSIAAN
Komplek Pandu Kavling 8 Simpang Tiga
Kecamatan Bukit Raya – Pekanbaru 2828 Riau
website : www.rumahdonasi.or.id
email : info@rumahdonasi.or.id
WA : 0822 8525 0027

Rekening :

Bank Mandiri # 108 002 007 66 84
Atas nama Yaysan Rumah Donasi Kemanusiaan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *