Wakil Wali Kota Pekanbaru Luncurkan Aplikasi Teman Sehat

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, saat memberikan sambutan dalam peluncuran aplikasi Teman Sehat, (19/08/2020)

Pekanbaru (Outsiders) – Aplikasi Teman Sehat resmi diluncurkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebagai upaya membantu agar masyarakat benar- benar merasa aman dan nyaman menjalani kondisi New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK).

Peluncuran dilakukan langsung  Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, bersama Head of Operations ACHIKO for Asia, Windiaprana Ramelan, selaku perusahan pengembang Teman Sehat,  Rabu (19/08/2020)

Bacaan Lainnya

“Di tengah Covid-19 ini tidak boleh membuat kita menyerah. Harus semangat dan ikhtiar dalam mengendalikan virus, dan juga ekonomi harus  tetap berjalan,” ujar Ayat.

Sebut Ayat, memanfaatkan teknologi informasi sudah tepat dalam melakukan pengontrolan terhadap pandemi Covid-19, apalagi sudah ada aplikasi pendukungnya seperti Teman Sehat.

“Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi masyarakat dalam masa Covid-19 ini,” harapnya.

Pendapat sama juga diungkapkan Riyono Gede Trisoko, pemilik taman hiburan Alam Mayang, ia mengatakan rasa aman bukan hanya dibutuhkan pengunjung, tetapi juga pelaku usaha. Terkadang ada rasa khawatir terjadi cluster baru di tempat usaha karena banyak penderita Covid-19 tanpa gejala.

“Dengan adanya Teman Sehat, pengunjung bisa merasa aman untuk datang ke tempat saya, dan saya beserta tim juga merasa tenang beraktivitas,” ungkapnya.

Perusahaan pengembang Teman Sehat juga menandatangani kerjasama dengan sejumlah pelaku usaha di Pekanbaru, seperti  Alam Mayang, Taman Bunga Impian Okura, Kampung Rabbit, Hotel Zuri, Hotel Batiqa, Hotel Amira, Hotel New Holywood, Rumah Pangan Madani, Rumah Sakit Madani, Rumah Sakit Syafira, dan Transmart Carrefour. Hal ini merupakan langkah signifikan, khususnya setelah Pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan Peraturan Walikota tentang Perilaku Hidup Baru (PHB) beberapa waktu lalu.

Terhitung sejak bulan Juli lalu, ACHIKO meluncurkan platform Teman Sehat di Indonesia, Pekanbaru menjadi kota pertama dan mengajak kota-kota lain untuk berkolaborasi dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di Indonesia melalui penerapan ekosistem digital Teman Sehat.

Sebagai informasi, Teman Sehat merupakan aplikasi kesehatan yang mengkombinasikan antara proses tes kesehatan dan contact tracing. Tes yang dilakukan oleh lembaga penyelenggara kesehatan resmi untuk mengetahui riwayat kesehatan setiap orang.

Sementara itu, tracing dilakukan dengan menggunakan QR Code yang di scan untuk membuat sertifikat kesehatan secara digital.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Achiko, sebuah perusahaan pengembang aplikasi dari Switzerland. Aplikasi tes kesehatan ini bisa mendeteksi oramg- orang yang sudah terinfeksi virus Covid-19 dan di area mana orang tersebut bepergian. Informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke pemerintah setempat.

Dengan menggunakan aplikasi Teman Sehat, masyarakat sebagai pengguna akan merasa lebih tenang ketika keluar rumah dan bersosialisasi dengan orang lain.  

Tidak hanya sebagai aplikasi contact tracing, melainkan juga sebagai pengumpul data yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat mengenai daerah mana saja yang menjadi cluster Covid-19. . ** (Advertorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *