Hari ini tim ekspedisi PWI Riau masuk camp Granit TNBT

  • Whatsapp

Inhu (Outsiders) – Sebanyak 45 orang wartawan yang tetgabung dalam Persatuan Wartawan Indoneaia (PWI) Riau menuju Taman Nasinonal Bukit Tigapuluh (TNBT) dan dilanjutkan ke Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Jumat (06/08/2021).

Perjalanan yang berlangsung selama tiga hari ini dibungkus dalam kegiatan yang diberi nama Ekspedisi TNTN dan TNBT sempena HUT Riau ke-64 dan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021 ke-12.Dengan semangat peduli lingkungan, ekspedisi ini diberi tema Wartawan Peduli Taman Nasional. Selama ekspedisi, 45 wartawan dari berbagai media lokal dan nasional ini menjelajahi alam TNTN dan TNBT.

Akhir dari kegiatan ini sendiri adalah seluruh wartawan pulang dengan membawa tulisan.Keberangkatan rombongan pukul 08.00 WIB ini disambut langsung Kepala Balai TNBT Fifin Jogasara SHut MSi di kantornya dengan makan siang bersama.

Usai makan, rombongan langsung menuju Camp Granit. Kepala Balai TNBT juga ikut bersama dalam kegiatan yang dilaksanakan selama berada di TNBT.

”Kami sangat senang dan bangga atas kehadiran rombongan PWI ke Taman Nasional baik TNBT maupun TNTN. Apalagi temanya Wartawan Peduli Taman Nasional dan datang serta pulang dengan membuat tulisan. Kolaborasi yang baik ini untuk menjaga lingkungan mrmang tugas bersama. Apalagi wartawan yang memiliki peran penting,” tutur Fifin.Jika Jumat (06/08/2021) hingga Sabtu (07/08/2021) siang rombongan PWI berada di TNBT, maka dari Sabtu (07/08/2021) sore hingga Minggu (08/08/2021) siang, rombongan ini akan menjelajahi TNTN.

Rombongan juga menginap di Camp Elephant Flaying Squad TNTN dan berbincang langsung dengan Mahout serta tim lapangan di TNTN. ”Karena tujuan ekspedisi ini mengambil peran wartawan terhadap lingkungan dengan membuat tulisan tentang TNBT dan TNT, maka kita beri kesempatan kepada teman-teman untuk eksplore selama ekspedisi. Mulai dari ngecamp di Camp Granit, jelajah rimba sampai ke Bukit Lancang di TNBT hingga berbincang langsung dengan para Mahout di TNTN SIlakan tulis semua yang bisa ditulis,” kata Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Tulisan dan foto yang dihasilkan wartawan dari ekspedisi ini dan sudah terbit di media masing-masing ini nanti akan dibukukan. ”Sebagai jurnalis inilah yang bisa kami lakukan dalam rangka turut peduli lingkungan,” sambung Zulmansyah.

Selain menjelajahi hutan TNBT dan TNTN, rombongan PWI ini juga menggali informasi penanganan konflik gajah dan manusia yang juga dilakukan PT RAPP di Elephant Flaying Squad TNTN dengan menggelar webinar secara zoom meeting.(rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *