DPM-PTSP Pekanbaru Adakan Program Geliat UMKM dan Probis, Pelaku Usaha Bisa Promosi Gratis

  • Whatsapp

Pekanbaru (Outsiders) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru terus berinovasi. Karena berhubungan dengan investasi, DPM-PTSP Kota Pekanbaru menggagas program yang tujuannya membantu promosi atau pemasaran produk usaha.

Progam baru yang diluncurkan DPM-PTSP melalui Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal ini diantaranya Geliat UMKM dan program Promosi Bisnis (Probis).

Geliat UMKM ini merupakan program promosi usaha melalui konten video promosi untuk pelaku UMKM, khususnya Kota Pekanbaru. Program ini dirancang dan dibuat oleh tim media sosial DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

Plt Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru Muhammad Jamil MAg MSi melalui Kabid Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dessy Triana SE MSi mengatakan, program ini sebagai wadah promosi UMKM dengan menggunakan media sosial. Seperti melalui Youtube, Instagram dan Facebook resmi DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

“Target kita tidak hanya pelaku usaha kecil namun juga pelaku usaha besar, keduanya kita beri ruang untuk berpromosi tanpa dikenakan biaya sama sekali,” kata Dessy, Rabu (15/9/2021).

Dessy menjelaskan, selama ini permasalahan pemasaran selalu menjadi kendala bagi UMKM dan juga pekaku usaha besar. Apalagi di tengah masa pandemi covid-19 ini. Karena itu melalui program DPM-PTSP Pekanbaru diharapkan bisa membantu para pelaku usaha untuk kembali bangkit.

Dessy juga mengklaim, adanya program DPM-PTSP ini mendapat respon psotif dari para pelaku usaha. Bahkan ada diantaranya yang meminya sendiri untuk dibantu promosinya. Namun tetap ditegaskan Dessy, ada kriteria usaha yang bisa dibantu oleh DPM-PTSP Pekanbaru untuk promosinya.

“Kriteria pelaku UMKM yang dapat diliput, diantaranya telah memiliki izin usaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM). Lalu izin yang dikeluarkan oleh DPM-PTSP Pekanbaru,” papar Dessy.

Saat ini untuk program Geliat UMKM saat ini sudah memasuki episode ke-25, dan sudah berjalan dari bulan Juni tahun 2020 lalu. Program ini memfasilitasi kepada pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan produknya dalam bentuk proses produksi, keunggulan produk dan pemasaran, dengan durasi maksimal 7 menit.

Dalam satu bulan terdapat dua pelaku usaha yang dipromosikan oleh Geliat UMKM dengan mengambil segmen yang berbeda setiap tayang. Mulai dari kuliner, fashion, karya hingga aplikasi.

Sementara itu untuk program unggulan kedua DPM-PTSP, adalah Promosi Bisnis atau Probis. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan usaha besar yang ada di Kota Pekanbaru dengan berlandaskan kepada SK Walikota.

“Program Probis ini merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh DPM-PTSP Kota Pekanbaru dalam upaya untuk membantu para pelaku usaha, agar dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha. Liputan ini diproduksi oleh tim kreatif media sosial yang berada di bawah bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal,” terangnya.

Liputan video ini dilakukan secara gratis. Video liputan ini nantinya akan ditayangkan di kanal platform media sosial DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

Untuk jenis usaha yang dipromosikan melalui Program Bisnis atau Probis sangat beragam mulai dari sektor industri, jasa maupun perdagangan.

“Sampai bulan Agustus ini akun media sosial DPM-PTSP telah menayangkan sebanyak delapan usaha besar melalui program Probis. Usaha besar ini seperti sekolah swasta, hotel, dan komplek pergudangan,” ungkap Dessy.

Selain di media sosial DPM-PTSP, video Probis juga ditampilkan pada standing display yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru. Sehingga pengunjung atau pengurus izin juga bisa melihat langsung Video Promosi dari DPM-PTSP. (adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *