Besok donor darah, PWI Riau sterilkan tempat acara

Penyemprotan disinfektan di Gedung PWI Riau, jalan Arifin Ahmad Pekanbaru

Pekanbaru (Outsiders) – Pelaksanaan donor darah yang akan digelar besok, Senin (17/1/2022) di Gedung PWI Riau, Jl. Arifin Achmad No. 9, Pekanbaru, donor darah terbuka untuk masyarakat umum dan panitia mendatangkan ahli terapi repleksi bagi pendonor.

Jelang kegiatan rutin donor darah PWI Riau dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dan HUT ke 76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tersebut, panitia juga melakukan penyemprotan disinfektan guna mensterilkan tempat acara. Tujuannya agar lokasi donor darah yang akan dihadiri banyak orang itu, steril dari virus dan penyakit, khususnya Covid 19. ”Kita tetap menerapkan protokol kesehatan karena Covid 19 belum berakhir,” ujar Ketua Panitia HPN 2022 dan HUT ke 76 PWI tingkat Provinsi Riau, Anthony Harry.

Bacaan Lainnya

Selain menyemprot disinfektan, kata Anthony, tempat donor darah juga ditata secara apik dengan mengatur jarak duduk para pendonor dan tempat tidur pendonor. ”Ada 12 tempat tidur. Puluhan kursi untuk calon pendonor menunggu, ” kata Wakil Ketua PWI Riau Bidang Pembelaan Wartawan itu.

Koordinator Donor Darah, Ardiansyah Tanjung menjelaskan donor darah akan diikuti oleh pengurus dan anggota PWI Riau, TNI, TNI AU Lanud, Polri, Satpol PP dan masyarakat umum. Panitia menargetkan minimal 76 kantong darah sesuai dengan HUT PWI. ”Biasanya lebih dari itu,” ujarnya.

Salain donor darah, kata Ian Tanjung, demikian dia akrab dipanggil, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. Disamping itu, para pendonor juga akan diterapi refleksi oleh ahlinya. ”Kita menghimbau masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini,” katanya.

Kegiatan donor darah ini, tambahnya, bekerja sama dengan PMI Kota Pekanbaru. Kegiatan ini didukung oleh Pemprov Riau, Pemkab Siak dan Bank BRI. *

Pos terkait