Mohammad Iqbal harapkan lahir Atlet berprestasi

Kapolda Riau resmi buka Kejurda Karate Inkanas 2022 dan kukuhkan 12 Kapolres/Kapolresta sebagai Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcap) Inkanas Riau. Sabtu (17/9/2022)

Pekanbaru (Outsiders) – Ketua Umum Inkanas Provinsi Riau, Irjen Mohammad Iqbal Sik MH buka secara resmi Kejuaraan daerah (Kejurda) Karate Inkanas 2022 , Sabtu, (17/9/2022) bertempat Gelanggang Remaja Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru.

Sedangkan tujuan diselenggarakan Kejurda Inkanas 2022, sebagai ajang pembinaan atlit Riau serta persiapan menghadapi kejuaraan nasional Inkanas Piala Kapolri 2022 nanti. Kapolda Riau Irjen M Iqbal ini juga mengukuhkan sebanyak 12 Kapolres/Kapolresta sebagai Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcap) Inkanas Riau.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah hari ini saya baru saja membuka Kejurda Inkanas Piala Kapolda Riau tahun 2022. Kita ketahui bersama bahwa prestasi di bidang Karateka harus selalu dikuatkan dan ditingkatkan karena memang prestasi-prestasi ini tidak bisa kita biarkan begitu saja, melainkan harus ada membina para atlet terutama usia dini. Untuk mencapai semua itu, salah satunya adalah dengan mengadakan kejuaraan,” katanya.

M.Iqbal menambahkan, Penyelenggaraan kejuaraan seperti ini mutlak harus dilakukan di setiap perguruan sebagai sarana peningkatan kualitas pada tingkat daerah sampai tingkat pusat.

Untuk itu, Kapolda Riau menghimbau kepada seluruh peserta, pelatih wasit maupun juri agar melaksanakan tugas dan tupoksi masing-masing dengan baik secara sportif dan profesional.
“Agar kejuaraan ini betul-betul berbobot, sportif dan profesional, baik, akuntabilitas teruji dan digemari kelak dikemudian hari. Semua atlet bertanding lah, tunjukkan prestasi yang terbaik, raihlah prestasi yang gemilang, hormati keputusan juri yang memimpin pertandingan,” tegasnya.

Kemudian, khusus kepada atlet, Kapolda Riau berpesan agar seluruh peserta Kejurda Inkanas 2022 ini bertanding secara sportif, professional dan mematuhi regulasi-regulasi yang ada.

Kapolda juga berharap dengan dikukuhkannya 12 Kapolres/Kapolresta se- Kabupaten Kota di Riau dapat membina, meningkatkan serta mengembangkan atlet-atlet diwilayah masing,-masing.
“Salah satu cara kepolisan meningkatkan Kamtibmas adalah memperdalam ilmu bela diri karate-Do. Kita ingin mengelola serta pemeliharaan Kamtibmas dari hulunya, jadi sebelum adanya gangguan keamanan kita ingin menguatkan seluruh Potensi masyarakat,” paparnya.

“Kalau seluruh potensi masyarakat, adik-adik kita SD, SMP, SLTA, Mahasiswa mungkin semuanya sibuk berprestasi di bidang Karateka, dia pasti tidak akan terkontaminasi oleh kejahatan-kajahatan,” sambungnya.

Kepada seluruh orang tua dan stake holder dan kepada seluruh Ketua Pengcab yang baru dilantik, Kapolda Riau berharap agar bisa bersama-sama membesarkan dan betul-betul membina atlet-atlet Inkanas.

“Saya ingin semua pihak untuk bergabung, di Polres-Polres sudah saya perintahkan seluruh Kapolres bukan hanya sebagai Ketua Pengcab Inkanas di daerah, tetapi mereka betul-betul turun untuk membina potensi-potensi masyarakat, anak-anak kita agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan potensi-potensi yang ada dan pembinaan yang baik, kedepannya akan lahir atlet-atlet Inkanas dari Provinsi Riau yang berprestasi, baik di ajang daerah, nasional maupun internasional.

“Bahkan kita menginginkan mereka menjadi atlet-atlet andalan. Saya lihat data bahwa Inkanas juga telah melahirkan atlet-atlet yang berprestasi baik itu ditingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Insyaallah siapa tahu bahwa besok lusa akan lahir atlet unggulan, pendekar unggulan dari Inkanas provinsi Riau menjadi juara internasional,” inginnya.

Dengan mengusung tema ‘Gali Potensi Karate Berbakat untuk Meraih Prestasi setinggi tinggi nya di Bumi Lancang Kuning’ Kejurda Inkanas kali ini memperebutkan Tropy dari Kapolda Riau yang diikuti oleh ratusan Karateka perwakilan dari 12 kabupaten/kota di Riau. Selain meraih tropy, seluruh atlet yang berprestasi akan meraih sejumlah uang pembinaan.

Untuk Juara Umum 1, akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 5 juta, Juara umum 2 meraih dana pembinaan senilai Rp 3 juta, Juara Umum 3 memperoleh dana pembinaan Rp 1,5 juta rupiah.

Selanjutnya bagi Juara Best of the Best kategori Kadet Putra, Kadet Putri, meraih dana pembinaan Rp 1 juta, Junior Putra dan Putri memperoleh dana pembinaan Rp 1 juta dan Senior Putra dan Putri memperoleh dana pembinaan masing-masing Rp 1 juta rupiah. (RH/rilis)

Pos terkait