Sandiaga: F1PowerBoat buktikan Danau Toba layak jadi lokasi Event Internasional

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) Power Boat Danau Toba, sukses digelar di Balige, Sumatra Utara, (24-26 /2/2023) Foto : Kemenparekraf

Balige (Outsiders) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan ajang balap kapal cepat paling bergengsi dunia F1PowerBoat di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatra Utara, membuktikan bahwa Danau Toba cocok untuk menjadi lokasi berbagai event internasional.

“Pelaksanaan event ini menandai kesiapan Danau Toba. Jadi kalau ada yang menyangsikan Danau Toba sebagai host event kelas dunia maka (asumsi) ini sudah bisa kita patahkan,” kata Menparekraf Sandiaga dalam konferensi pers usai bermain race F1PowerBoat di Media Center F1PowerBoat yang berada di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Minggu (26/2/2023).

Bacaan Lainnya

Sandiaga mengatakan dengan dilaksanakannya F1PowerBoat di Danau Toba juga membuktikan bahwa Danau Toba mampu mengedepankan konsep keberlanjutan lingkungan. Selain itu pelaksanaan F1PowerBoat ini juga berhasil menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba, khususnya di Balige.

Berdasarkan data yang ia peroleh, Sandiaga menuturkan total dampak ekonomi dari pelaksanaan F1PowerBoat ini diperkirakan mencapai angka Rp300 miliar dengan target kunjungan wisatawan hingga 25 ribu wisatawan.

“Produk-produk ekraf kebanggaan Sumatra Utara ditampilkan di booth-booth UMKM termasuk juga oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Di sini juga kami memberikan beberapa dukungan melalui pelatihan SDM, penyediaan infrastruktur, dan monitoring kesiapan akomodasi,” katanya.

Untuk ke depannya, Sandiaga menuturkan pihaknya akan meningkatkan kehadiran event-event berkelas internasional di Danau Toba, mulai dari festival film hingga festival world music. “Jadi event ini akan memicu lebih banyak aktivitas dan investasi (di Danau Toba) sehingga kita bisa membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Dalam seri balap ini, pebalap dari Stromoy Racing, Bartek Marszalek berhasil meraih peringkat pertama usai melibas sirkuit sepanjang 2,2 km sebanyak 18 lap. Dengan hasil itu, Marszalek berhak atas 20 poin yang menjadi modal penting untuk mengarungi tujuh putaran selanjutnya dalam gelaran F1 Powerboat musim 2023. (**)

Pos terkait