Murid SD MIS SaQu berbagi Takjil ke warga sekitar

Pekanbaru (Outsiders) – Murid SD Mardhiyya Al Islami Pekanbaru, menggelar kegiatan berbagi dan peduli terhadap sesama di Bulan Ramadhan. Kegiatan berbagi dan peduli tersebut diwujudkan dalam bentuk berbagi takjil kepada pengguna jalan pada hari Sabtu (1/4/2023).

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak diawasi oleh orangtua wali murid untuk membagikan takjil secara langsung kepada warga di jalan Nurul Iman (belakang jalan kereta api) secara rapi dan teratur, tanpa mengganggu lalu lintas jalanan.

Ketua Badan Kordinasi Orangtua Murid (BKOM) MIS SaQu, Lioni Utami, mengatakan, digelarnya acara ini dalam rangka mengasah kepedulian anak dan memberikan pendidikan melalui contoh kepedulian oleh orang tua, guru dan murid di bulan Ramadhan mengikuti hadist nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa sallam yang berbunyi “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang mengerjakan puasa sedikitpun” (HR. Tirmidzi).

Dijelaskn Lioni kegiatan ini juga bermaksud mengisi kantong-kantong pengalaman anak-anak dengan hal-hal yang baik, sebagai modal mereka dalam menbentuk pribadi yang memiliki akhlakul karimah.

Mardhiyya Al Islami Sahabat Qur’an, sekolah yang dipimpin ustaadzunnaa Ust. Safri Mailan, M.Hum merupakan sekolah SD dengan kurikulum Pesantren, namun anak-anak bersekolah pulang balik karena menimbang usia SD yang masih membutuhkan perhatian orangtua.

Alhamdulillahi bini’matihi tatimmussolihat, sekolah sudah memiliki izin dari kemenag dan murid-murid sudah memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional ) untuk mempermudah pemilihan sekolah ke jenjang berikutnya. Oleh karena itu, dengan rahmat Allah, ini menjadikan peminat sekolah semakin bertambah setiap tahunnya.

Ketua BKOM MIS SaQu, Lioni Utami dibantu oleh koordinator sosial dr. Rahmajantini dan ketua kegiatan berbagi Takjil Muharmis Lestari bersama-sama mengupayakan kegiatan ini sebagai upaya mempererat tali ukuwah antar sesama wali murid di lingkungan Mardhiyya Al Islami Sahabat Qur’an.

Dari hasil pengumpulan donasi infaq selama 5 hari bersama wali murid, diperoleh hampir 400 paket Takjil yang akan dibagikan menjelang berbuka puasa.

Warga masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, dan terbukti kegiatan ini hanya berlangsung selama 25 menit.

“Jazakumullah khoiron kepada para muhsinin dan muhsinat dan segenap orang tua murid yang terlibat, semoga menjadi pahala pemberat timbangan kebaikan di yaumul hisab kelak. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat berkah dan rezeki yang halal kepada kita semua”, jelas Lioni. (Cen/**)

Pos terkait