Jon Erizal apresiasi Pertamina Dumai cepat membantu Masyarakat Terdampak Insiden Ledakan

DUMAI (Outsiders) – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) MPR RI, Dr H Jon Erizal SE MBA, yang juga anggota Komisi VI DPR RI menggelar reses di Kota Dumai, Senin (17/4/2023).

Salah satu yang dikunjungi anggota DPR RI Dapil Riau 1 ini adalah PT Kilang Pertamina Internasional Dumai, yang awal April lalu mengalami insiden ledakan.

Bacaan Lainnya

“Kedatangan Saya dalam reses di Dumai ini salah satunya untuk memonitor dan memastikan penanganan dampak untuk masyarakat tempatan akibat insiden ledakan Pertamina itu, apakah sudah tuntas diselesaikan atau belum,” ungkap Jon Erizal.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, kata Jon Erizal, akibat musibah ledakan yang terjadi di Pertamina Dumai, banyak rumah-rumah masyarakat yang terdampak rusak. Misalnya kaca-kaca pecah, dindingnya retak dan plafon rumah banyak hancur.

Bukan itu saja, beberapa rumah ibadah seperti masjid dan musalla, juga sejumlah fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) masyarakat juga mengalami kerusakan.

Kedatangan Jon Erizal disambut oleh Didi Subagyo, General Manager PT Kilang Pertamina Internasional beserta jajaran. Pertama yang dijelaskan adalah kronologis terjadinya peristiwa insiden ledakan yang terjadi pada 1 April 2023 lalu.

“Berkaitan sebab musabab terjadinya insiden ledakan di Pertamina Dumai masih dalam tahap investigasi dan dalam tahap pemeriksaan di laboratorium Polri,” jelas Didi.

Berkaitan dengan penanganan dampak terhadap masyarakat tempatan, Pertamina sudah bergerak cepat dengan menggandeng konsultan untuk menghitung biaya pengganti kerusakan. Intinya Pertamina siap bertanggungjawab dan mengganti seluruh kerusakan.

Bahkan selain memberikan biaya pengganti kerusakan, Pertamina juga membantu biaya tali asih ke masyarakat tempatan yang terdampak.

Atas penjelasan yang disampaikan GM Pertamina Dumai, Jon Erizal memberikan apresiasi dan poin positif. “Apresiasi itu terutama soal tanggungjawab Pertamina ke masyarakat tempatan yang terdampak,” jelas Jon Erizal.

Mantan Bendahara Umum PAN ini juga tidak lupa mengingatkan agar Pertamina segera mengaudit dan mengevaluasi seluruh sarana dan prasarana yang ada, dengan harapan insiden serupa tidak berulang kembali di masa depan.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi VI DPR RI Jon Erizal bersama-sama dengan managemen Kilang RU II Pertamina Dumai menggelar Serah Terima Kompensasi Dampak Sosial Insiden Kilang RU II kepada perwakilan masyarakat di Kelurahan Tanjung Palas, Kelurahan Teluk Binjai dan Kelurahan Jaya Mukti.(rilis)

Pos terkait