Terbitkan 5 potret keindahan PLBN dalam bentuk prangko, PLBN Serasan jadi SHP

PLBN Serasan, Kabupaten Natuna, Provibsi Kepulauan Riau.

Jakarta (Outsiders) – Lima potret Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan dijadikan prangko seri ke 2 adalah PLBN Entikong di Kalbar; PLBN Badau di Kalbar; PLBN Motamasin di NTT; PLBN Wini di NTT; dan PLBN Sota di Papua Selatan.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang mengelola PLBN akan kembali meluncurkan prangko PLBN seri ke-2. Inisiasi yang dijalin bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) ini akan menerbitkan 5 prangko PLBN dan 1 Sampul Hari Pertama (SHP) untuk selanjutnya dicetak oleh PT. Pos Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kepala Biro Keuangan, Umum dan Humas BNPP, Indra Purnama menjelaskan bahwa, penerbitan prangko PLBN seri ke-2, direncanakan terbit tanggal 17 September 2023 yang bertepatan dengan HUT ke-13 BNPP.

Selain potret keindahan PLBN yang akan dijadikan prangko, lanjut Indra, satu potret PLBN lainnya akan dijadikan sebagai SHP yakni PLBN Serasan. SHP ini adalah sebuah sampul atau amplop yang di bagian kiri depan dicetak gambar berkaitan dengan prangko yang terbit. Kemudian di bagian kanan atas depan amplop itu ditempel prangko-prangkonya dan dibubuhi cap (stempel) pos Hari Terbit Pertama.

“PLBN Serasan adalah satu-satunya PLBN laut di Indonesia yang saat ini pengerjaan sudah selesai dan tinggal menyempurnakan fasilitas pendukung lainnya. Peresmian PLBN laut masih menunggu pihak negara tetangga, Malaysia untuk juga membuka perlintasan dari sisi negaranya,” jelas Indra, Kamis (20/7/2023) lalu.

Indra juga menjelaskan, penerbitan prangko seri ke-2, sesuai dengan SK Direktorat Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kemen Kominfo Nomor 87 Tahun 20023 tentang Program Penerbitan Prangko 2023.

Dalam lampiran SK Dirjen PPI Kemenkominfo dimaksud tercantum BNPP menajadi Person In Charge (PIC) penerbitan prangko dengan tema Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seri PLBN.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP, meluncurkan 3 prangko seri PLBN di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, pada 22 Desember 2022 lalu.

Ketiga potret PLBN yang diluncurkan sebagai prangko dari ‘Negeri Serambi Mekkah’ tersebut antara lain: PLBN Aruk di Kalimantan Barat (Kalbar); PLBN Motaain di Nusa Tenggara Timur; dan PLBN Skouw di Papua.

Sebagai informasi, saat ini terdapat 13 PLBN yang sudah berdiri di halaman depan beranda Indonesia. 8 PLBN sudah beroperasi sedangkan 5 lainnya masih menunggu peresmian oleh Presiden Joko Widodo.

Nantinya, PLBN difungsikan tidak hanya sebagai pintu perlintasan Warga Negara Asing (WNA), Warga Negara Indonesia (WNI) dan barang saja. Melainkan untuk sarana pengembangan dan pertumbuhan ekonomi yang dapat mendongkrak kemajuan kawasan perbatasan. (HH/**)

Pos terkait