Peraih Beasiswa Prestasi PHR S2 siap diberangkatkan ke Amerika

Pekanbaru (Outsiders) – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) hari ini menganugrahkan Beasiswa Prestasi Jenjang Magister (S2) Internasional kepada dua orang putri terbaik Riau.

Keduanya akan segera diberangkatkan ke Amerika Serikat (AS) untuk mendapatkan pendidikan terbaik bidang perminyakan dan nantinya ilmu yang mereka terima diharapkan dapat diaplikasikan di Ibu Pertiwi.

Bacaan Lainnya

Mereka adalah Tasya Ulfa Yusianda dan Bunga Fitri Sartika yang berhasil bersaing dengan lebih kurang 184 pendaftar lainnya.

Penyerahan Beasiswa Prestasi Jenjang S2 ini disematkan langsung oleh Direktur Utama PHR Chalid Said Salim disaksikan oleh Gubernur Riau Edy Natar Nasution di PHR Rumbai Country Club, Senin (11/12/2023).

Penganugerahan beasiswa ini menjadi sebuah kado spesial di akhir tahun 2023.

“Selamat kepada ananda Tasya Ulfa Yusianda dan Bunga Fitri Sartika. Semoga melalui program beasiswa penuh dari PHR ini, ilmu yang akan diperoleh selama perkuliahan di Amerika Serikat dapat diserap dengan baik, dan kalian berkomitmen untuk kembali dan mengaplikasikannya di Indonesia,” kata Direktur Utama PHR Chalid Said Salim.

Chalid mengatakan, program Beasiswa Prestasi ini merupakan salah satu ikhtiar PHR dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya Riau.

“Kami sadar, perlu adanya upaya dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas SDM yang unggul di Riau, khususnya dalam bidang energi. Kami berharap, melalui program ini akan hadir SDM Riau yang berkualitas dan siap bersaing di kancah global dan memberikan baktinya untuk negeri,” kata Chalid.

Tasya dan Bunga mendapatkan beasiswa penuh dari PHR untuk melanjutkan studi jenjang magister di Amerika Serikat. Tasya Ulfa Yusianda yang lahir di Pekanbaru, merupakan lulusan Sarjana (S1) Teknik Kimia Universitas Indonesia (UI).

Tasya kemudian mendaftar untuk program Beasiswa Prestasi PHR Jenjang S2 dan berhasil lolos ke tahap akhir hingga dinobatkan sebagai peraih program tersebut.

Melalui kesempatan beasiswa dari PHR ini, Tasya memilih melanjutkan pendidikan magister di Texas A&M University dengan jurusan Master in Science Chemical Engineering.

Sementara Bunga Fitri Santika, asal Pekanbaru, merupakan lulusan Sarjana (S1) Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Setelah dinobatkan sebagai peraih program Beasiswa Prestasi PHR, Bunga memilih untuk melanjutkan pendidikan magister di Texas A&M University dengan jurusan Master in Science Geology.

Dua penerima beasiswa ini akan diberikan pendampingan intensif untuk mempersiapkan diri hingga mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari A&M University.

Dalam pelaksanaan program Beasiswa Prestasi ini, PHR menjalin kerja sama dengan Pertamina Foundation (PF) selaku pengelola beasiswa.

Program ini merupakan bagian dari kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR dalam pilar pendidikan. Program beasiswa S2 ini merupakan aktualitasi obligasi sosial PHR dalam membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di provinsi Riau.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari mengapresiasi usaha Tasya dan Bunga yang berhasil meraih program beasiswa PHR tersebut.

Dia berpesan agar kedua peraih beasiswa tersebut bisa menggali ilmu dengan baik di Amerika Serikat, dan bisa mengaplikasikannya nanti di Tanah Air.

“Selamat untuk para orang tua yang berbahagia, selamat untuk kalian penerima beasiswa yang sangat membanggakan. Anak harus membawa tidak hanya nama baik dirinya tetapi juga kebanggaan bangsa dan negara. Kalian penerima beasiswa PHR adalah sumber daya manusia (SDM) yang sangat dibutuhkan negara untuk mewujudkan Riau dan Indonesia menjadi negara maju di masa mendatang,” kata Agus.

Sebelumnya, PHR juga telah berhasil mengirimkan 10 orang putra-putri terbaik Riau untuk program Beasiswa Prestasi Jenjang Sarjana (S1) di Jakarta dan mendapatkan pembiayaan penuh untuk berkuliah di Universitas Pertamina.

Kesepuluh putra-putri terbaik Riau tersebut kini sudah memulai perkualiahannya di semester pertama dan mengenyam pendidikan sesuai jurusan yang mereka pilih. (**)

Pos terkait