Rawan konflik, dua anggota Polri jaga tiap TPS di Perbatasan Rohil dan Dumai

Apel pergeseran pasukan Polda Riau dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) di Halaman Mapolda Riau, Ahad (12/2/2024). Foto:Ist

Pekanbaru (Outsiders) – Polres Rokan Hilir (Rohil) berkomitmen menjaga keamanan tempat pemungutan suara (TPS)  di daerah perbatasan dengan Kota Dumai saat hari pencoblosan Pemilu, Rabu (14/2) akan  menempatkan dua orang anggota Polri di tiap TPS.

“Ini atensi Polda dan pemerintah provinsi. Posisi TPS Rohil yang berada di wilayah Kota Dumai, kami jadikan pola sangat rawan. Dijaga dua polisi pada satu TPS,” ujar Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto, Senin (12/2).

Bacaan Lainnya

Andrian menegaskan Polres Rohil siap memberikan dukungan keamanan penuh selama berjalannya pemilu di TPS perbatasan. Demi kelancaran pemilu, ia meminta identitas pemilih harus jelas. “Agar diperhatikan identitas penduduk sesuai dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap), diberikan penanda untuk memperjelas. Jangan sampai ada DPT ganda,” kata Andrian.

Terkait hal itu, kata Andrian, sudah disampaikan saat rapat koordinasi  penempatan TPS di wilayah perbatasan Rohil dengan Dumai di Media Center KPU Rohil. Rapat tersebut dihadiri Asisten 1 Sekdakab Rohil Ferry H. Parya, Asisten I Sekdako Dumai Yusrizal, Kapolres Rohil, Dandim 0321 Rohil, Dandim 0320/Dumai, Ketua KPU Rohil  dan Komisoner KPU Dumai.

Pada rapat itu, Ketua KPU Rohil Supriyanto menjelaskan, penempatan TPS Rohil di Dumai untuk melindungi hak suara masyarakat. “Setelah dicek tak ada DPT ganda,” ucapnya.

Menurutnya, terdapat 3 TPS Rohil yang berada di perbatasan wilayah Dumai yaitu TPS 06, TPS 07 dan TPS 08 dengan jumlah DPT 459 suara. Lokasi itu dekat dengan Kecamatan Sinaboi.

Komisioner KPU Kota Dumai Siti Khadijah mengatakan Permendagri 84 tahun 2019 mengatur tentang Batas Daerah Antara Kota Dumai Dengan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. “Kami lihat di lapangan bahwa warga di perbatasan tinggal berbaur, dimana KPPS kedua daerah merupakan tetangga,” ujar Siti.

Siti menjelaskan, terdapat 3 TPS Kota Dumai yang dekat dengan TPS Kabupaten Rohil yakni TPS 13 Kelurahan Batu Teritip Kota Dumai dekat dengan TPS 07 Kepenghuluan Darussalam, Kabupaten Rohil dengan jarak sekitar 2 Kilometer. “TPS 07 dan TPS 16 Kelurahan Batu Teritip dekat TPS 08 Kepenghuluan Darussalam, Rohil dengan jarak 1 kilometer. Kita pastikan tidak terdapat DPT ganda pada Pemilu tahun 2024 ini,” jelasnya.

KPU Rohil dan KPU Kota Dumai menyepakati pendirian TPS 006, TPS 007, dan TPS 008 Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. KPU Rohil akan menyampaikan pemberitahuan kepada Pemko Dumai dan KPU Kota Dumai terkait pendirian TPS tersebut.

Sedangkan Bawaslu Rohil dan Bawaslu Kota Dumai akan mengawasi pelaksanaan kesepakatan ini. Para pihak yang menandatangani berita acara ini berkomitmen untuk melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. (**)

Pos terkait