Upaya PHR hadirkan air bersih untuk masyarakat lewat sumur bor

Pekanbaru (Outsiders) – Ketersediaan air bersih masih menjadi persoalan di beberapa wilayah, termasuk di permukiman yang ada di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebagai pengelola WK Rokan, menaruh perhatian atas persoalan ini dengan membuat sumur bor untuk ketersediaan air bersih bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi PHR.

Bacaan Lainnya

Bantuan air bersih tersebut dilakukan PHR, yakni dengan membuat sumur bor di RW 07 RT 01 Kelurahan Muara Fajar Timur, Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru pada Oktober 2023 lalu. Sumur tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga 26 keluarga di lokasi tersebut.

Sebelumnya, warga sekitar mengeluhkan soal sulitnya mendapatkan air bersih untuk kebutuhan mereka. Selama lebih dari 30 tahun, warga harus berjuang mendapatkan air bersih lewat sumur-sumur galian di dalam perkebunan sawit yang cukup jauh dari permukiman.

“Kini, warga RT 01 RW 07 Muara Fajar Timur tersebut sudah bisa mendapatkan dan menikmati air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Corporate Secretary PHR rudi Ariffianto.

Rudi berharap, program ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sebab, ketersediaan air bersih menjadi kebutuhan dasar bagi warga, terutama dalam urusan rumah tangga.

“Semoga fasilitas yang sudah ada ini bisa dijaga dan dimanfaatkan dengan oleh masyarakat, agar air bersih ini bisa terus menerus tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” imbuh Rudi Ariffianto.

Program serupa kembali dilakukan PHR. Sebuah sumur bor dibuat PHR untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat di Kampung Minas Timur, Kecamatan Minas, Siak. Program ini berkolaborasi dengan Kodim 0322/Siak.

“Kami sudah lama mendengar masyarakat sekitar Koramil Minas ini kesulitan mendapatkan air bersih. Di mana, air yang ada di sini keruh. Atas bantuan PHR, kita dapatkan pengeboran air yang bisa digunakan untuk kebutuhan masyarakat sekitar,” kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0322/Siak Letkol Arhanud Riyanto Budi Nugroho, Selasa (06/02/2024) lalu.

Bantuan ini juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Siak. Diharapkan, dengan adanya sumur bor ini kebutuhan air bersih untuk masyarakat sekitar Kampung Minas Timur bisa terpenuhi.

“Alhamdulillah, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Siak berterima kasih kepada PHR atas terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk maysarakat. Tentu ini sangat membantu masyarakat sekitar, terutama yang berada di dekat Koramil Minas,” ujar Sekda Pemkab Siak Arfan Usman.

“Kami masyarakat Minas Timur mengucapkan terima kasih kepada PHR. Semoga penyediaan sumur bor untuk air bersih ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di sini,” tambah Suparno, salah satu warga penerima manfaat sumur bor tersebut. (TR/**)

Pos terkait