Siak menerima kucuran DAK Rp 4.9 Milyar dari BKKBN

Bupati Alfedri menerima DAK secara simbolis diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia di sela-sela acara Musrembang kecamatan Tualang, Senin (19/02/24) di Aula Pertemuan kantor Camat. Foto: ist

SIAK (Outsiders) – Dinilai sukses menerapkan Program Bangga Kencana, Kabupaten Siak terima 4.9 milyar rupiah, kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) sub Bidang KB dari Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

DAK Sub Bidang KB ini merupakan dana yang diberikan kepada Kab/Kota langsung dari Pemerintah Pusat untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan reproduksi dan Percepatan Penurunan Stunting.

Bacaan Lainnya

Dalam penggunaan anggaran nanti, Bupati Alfedri juga akan dibekali Petunjuk Teknis (Juknis) yang menjadi acuan terkait penggunaan anggaran yang dialokasikan.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia di sela-sela acara Musrembang kecamatan Tualang, Senin (19/02/24) di Aula Pertemuan kantor Camat.

Kata Alfedri, dengan bantuan dana tersebut, pihaknya siap mendukung program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting (PPS) di wilayah yang dipimpinnya, dengan memadukan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasionalnya Keluarga Berencana (BOKB) dari BKKBN, dengan anggaran APBD kabupaten Siak Tahun Anggaran 2024.

“Program Bangga Kencana inikan merupakan berbanding dari Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Ada 5 program strategis yakni Memperkuat sistem informasi keluarga yang terintegrasi, Meningkatkan Advokasi dan Program Bangga kencana sesuai dengan Karakteristik Daerah, Meningkatkan Akses dan penyelenggaraan kualitas KBKR yang komprehensif, Meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang holistik dan Menguatkan pemaduan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian Penduduk,” terangnya.

Terpisah Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia mengapresiasi atas komitmen Bupati Siak pada program Bangga Kencana dan PPS.

“Kami turut bangga karena Siak mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023. Kemudian penyerapan anggaran BOKB Kabupaten Siak sudah cukup baik,” sebut nya.

Ia menambahkan dengan adanya program Bangga Kencana, tidak hanya berkaitan dengan keluarga berencana, tetapi juga dengan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh. “Karena itu semua pihak diminta ikut mendukung dan berpartisipasi dalam program ini,”harapnya. (Infotorial)

Pos terkait