Mendagri resmi lantik SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur Riau

Mendagri, M Tito Karnavian melantik Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Kamis (29/2/2024). Foto: Istimewa

Jakarta (Outsiders) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, M Tito Karnavian resmi melantik SF Hariyanto sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri). Pelantikan tersebut ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan, yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Acara pelantikan dibuka dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Presiden, Joko Widodo (Jokowi). Lalu dilakukan pembacaan sumpah jabatan oleh Mendagri, Tito Karnavian yang kemudian diikuti oleh SF Hariyanto.

Bacaan Lainnya

Pelantikan SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur Riau tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 36/P/2024 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur Riau dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Riau.

Adapun sumpah jabatan yang dibacakan SF Hariyanto tersebut berisi tentang hak dan kewajibannya sebagai pemimpin di Negeri Lancang Kuning.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Riau dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat bangsa dan negara,” ujar SF Hariyanto.

Usai dilakukan pengambilan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan Pj Gubernur Riau oleh SF Hariyanto dan Mendagri, Tito Karnavian.

Sementara itu, Mendagri percaya bahwa SF Hariyanto dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaiknya demi kemajuan Provinsi Riau.

“Saya Mendagri, M Tito Karnavian atas nama Presiden Republik Indonesia, Jokowi, dengan resmi melantik SF Hariyanto sebagai Penjabat Gubernur Riau,” ujar Tito saat melantik.

“Saya percaya Insyaallah saudara (SF Hariyanto) akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” harapnya.

diketahui, SF Hariyanto sebelumnya menjabat di pemerintahan Syamsuar-Edy Nasution sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau. Penunjukan Ir SF Hariyanto MT sebagai Pj Gubernur Riau pasca masa jabatan Gubernur Riau Edy Natar Nasution berakhir pada 20 Februari 2024 lalu.

Presiden resmi menunjuk Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ir SF Hariyanto MT sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Riau.

Penunjukan Ir SF Hariyanto MT sebagai Pj Gubernur Riau pasca masa jabatan Gubernur Riau Edy Natar Nasution berakhir pada 20 Februari 2024 lalu.

Saat dikonfirmasi Ia membenarkan jika telah ditunjuk sebagai Pj Gubernur Riau, setelah menerima salinan Surat Keputusan (SK) Pj Gubernur Riau.

“Alhamdulillah. SK (Pj Gubernur Riau) sudah saya terima. Pelantikan hari Kamis pagi di Jakarta,” kata SF Hariyanto.

Atas ditunjuk ia sebagai Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo  yang telah mempercayainya untuk memimpin Riau sampai dengan dilantiknya Gubernur Riau definitif tahun mendatang.

Menurutnya, amanah ini merupakan tanggung jawab yang besar dan akan menjadi motivasi untuk bersama stakeholder terkait dalam membangun Riau dan mensejahterakan masyarakat. Untuk itu, SF Hariyanto meminta dukungan sweluruh masyarakat Riau dalam menjalankan amanah sebagai Pj Gubernur Riau.

“Karena untuk membangun Riau ini tidak bisa hanya bisa dilakukan pemerintah saja, tapi perlu dukungan seluruh masyarakat Riau. Jadi semua elemen-elemen masyarakat harus bersinergi dan saling bahu membahu untuk kemajuan pembangunan di Bumi Lancang Kuning yang kita cintai ini,” harap Hariyanto. (MC/**)

 

Pos terkait