Jaga komitmen utamakan keselamatan kerja, PHE Siak gelar acara Bulan K3

Kegiatan Bulan K3 dilaksanakan sepanjang bulan K3, yakni 20 Januari hingga Februari 2024.

Rokan Hilir (Outsiders) – Memperingati kampanye bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) Siak melaksanakan berbagai kompetisi internal. Kompetisi ini di antaranya simulasi pemadaman kebakaran, simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), cerdas cermat K3, hingga poster dan video kampanye K3. Kegiatan dilaksanakan sepanjang bulan K3, yakni 20 Januari hingga Februari 2024.

Kompetisi ini diikuti oleh seluruh komponen pekerja guna menginternalisasi budaya K3. Field Manager PHE Siak Rudhy Setiawan dalam sambutan pembukaan peringatan bulan K3 mengatakan bahwa tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya satu fungsi saja.

“Ekosistem keselamatan dan kesehatan kerja, salah satu pondasinya adalah kesadaran atau awareness dari pekerja itu sendiri. Salah satu wujud komitmen PHE Siak untuk keselamatan kerja adalah menyelenggarakan acara ini secara rutin setahun sekali sebagai penyegaran dan motivasi,” ungkap Rudhy.

Dalam kesempatan ini Rudhy juga menyampaikan capaian PHE Siak dalam usaha menciptakan ekosistem K3 yang baik. Misalnya saja, seluruh pekerja mendapatkan medical checkup berkala, check up sehari-hari dan ada penilaian resiko kesehatan (Health Risk Assemment) yang dapat terjadi selama bekerja. Secara berkesinambungan, PHE Siak melaksanakan audit terhadap kesiapan alat medis dan ketanggap daruratan medis. Bahkan juga dilakukan inspeksi terhadap katering pegawai sebagai upaya pencegahan penyakit.

Dalam kampanye peringatan bulan K3 ini, PHE Siak juga melaksanakan kompetisi simulasi yang khas dengan operasi produksi hulu migas, yakni penanganan tumpahan minyak. Hal yang paling tidak diharapkan ini terus dilatih meski hingga saat ini PHE Siak belum pernah mengalami insiden tersebut. Selain itu untuk terus menggenjot kesadaran pekerja untuk menjaga kesehatan, secara berkala diadakan Bincang Kesehatan yang dipandu oleh dokter PHE Siak.

Selaku pembina acara, Superintendent HSSE Ridwan Iskandar menjelaskan tujuan acara ini juga melatih kesiapsiagaan. “Jika terus dilatih, kita akan tanggap dan cekatan apabila insiden benar-benar terjadi. Baik itu kemungkinan kebakaran, kecelakaan kerja maupun tumpahan minyak. Penanganan yang benar akan menekan dampak buruk,” jelasnya.

Sebagai informasi selama tahun 2023, telah banyak capaian aspek HSSE yang diperoleh PHE Siak salah satunya adalah berhasil mencapai jumlah jam kerja selamat sebanyak 8.874.288 jam. PHE Siak juga mencapai Zero Fatality dan Zero Fatality, yang artinya dalam operasinya tidak ada kecelakaan fatal penyebab kematian maupun yang menyebabkan hilangnya jam kerja. Budaya K3 yang baik tidak hanya memberikan rasa aman terhadap pekerja namun ke masyarakat sekitar wilayah produksi. (Oca/**)

Pos terkait