Elnusa siap pasok 35.000 material Tubing OCTG dukung aktivitas pengeboran di Blok Rokan hingga 2025

Jakarta (Outsiders) – PT Elnusa Tbk (Elnusa) melalui anak usahanya PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK) telah menjalin kesepakatan dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melalui penandatanganan kontrak pengadaan material tubing OCTG beserta perlengkapan lainnya.

Sebanyak 35.000 lebih material tubing OCTG akan dipasok EFK untuk mendukung kebutuhan hulu migas terkait pengeboran dan produksi yang dilakukan PHR sebagai salah satu penghasil minyak mentah terbesar di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kesepakatan kontrak kerja sama akan berlaku hingga 2025 mendatang dengan mekanisme Call of Order dan pengiriman material secara bertahap dalam kurun 24 bulan.

Untuk pengiriman material tahap pertama ditargetkan on site pada Agustus 2024. Proses manufaktur dari material tubing OCTG sendiri dilakukan di fasilitas Workshop EFK yang berada di Batam, Kepulauan Riau.

“Tubing OCTG memainkan peran penting dalam memastikan ekstraksi minyak dan gas yang aman dan efisien. Dengan memanfaatkan material berkualitas, diharapkan akan memiliki kekuatan, ketahanan terhadap korosi, dan daya tahan yang tinggi, sehingga selanjutnya hidrokarbon di Blok Rokan dapat diproses dengan baik,” Jelas Rudi Ariffianto, Corporate Secretary Pertamina Hulu Rokan.

Direktur EFK, Ari Wijaya turut menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan PHR kepada EFK. “Menjadi suatu kebanggaan bagi kami mendapatkan amanah sebagai mitra kerja untuk turut berkontribusi dalam mendukung target produksi PHR, kami juga siap memberikan kinerja terbaik serta layanan yang andal,” Kata Ari menambahkan.

Ari juga berharap dengan kapabilitas dan pengalaman yang dimiliki, EFK optimis dapat memenuhi kebutuhan pasokan material tubing ke PHR, “Semoga seluruh proses pengadaan dapat berjalan lancar dan OTOBOSOR (On Time, On Budget, On Safety, On Return),” Tutupnya.

#####

*Sekilas PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK)*
EFK adalah anak usaha PT Elnusa Tbk yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. EFK bergerak pada bidang jasa migas dan energi baru terbarukan. EFK memiliki kompetensi inti unggul pada jasa oil tools, fabrikasi, engineering, procurement & construction (EPC) serta pemeliharaan dan perawatan migas terintegrasi. Saat ini EFK telah melayani berbagai perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, Chevron dan Perusahaan Migas ternama lainnya. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui www.elnusa-konstruksi.co.id

*Sekilas PHR WK ROKAN*
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha huleu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina.

Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan. (TR/**)

Pos terkait