PHR pamerkan Inovasi Teknologi di Oman Petroleum & Energy Show 2024

Oman (Outsiders) – Pertamina Hulu Rokan (PHR) mengirimkan delegasinya untuk mempresentasikan berbagai inisiatif teknologi transformasi digital serta Enhanced Oil Recovery (EOR) pada Oman Petroleum & Energy Show (OPES) 2024, yang berlangsung di Muscat, Oman, akhir April 2024 lalu.

PHR WK Rokan menunjukkan komitmennya dalam upaya meningkatkan keandalan operasi serta perolehan minyak dari Wilayah Kerja Rokan.

Bacaan Lainnya

Forum internasional yang dihadiri lebih dari 24 negara ini menjadi salah satu platform pameran terbaik dunia bidang industri migas.

Dengan mengusung tema “Affordable, Sustainable & Clean Energy”, OPES 2024 menjadi ruang bagi para profesional bidang energi, pembuat kebijakan, pengambil keputusan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bertukar ide, membangun jaringan, dan menemukan solusi inovatif dalam industri energi.

PHR mengirimkan tim yang terdiri dari 6 perwira yang telah melalui proses seleksi ketat untuk mempresentasikan inovasi mereka dalam sesi presentasi OPES 2024.

Tim ini memaparkan berbagai topik terkait teknologi digitalisasi dan keunggulan operasi PHR WK Rokan di bidang subsurface, surface, dan proyek-proyek uji coba teknologi termal.

Inovasi Teknologi PHR WK Rokan di OPES 2024

Empat topik utama yang dipresentasikan delegasi PHR antara lain penerapan model machine learning untuk menganalisis tekanan injeksi uap pada ladang minyak injeksi uap (steamflood).

Model ini membantu PHR dalam mengambil keputusan operasional dan meningkatkan efisiensi produksi. Delegasi PHR memberikan pemaparan pegalaman lebih dari 32 tahun dalam mengelola Steamflood terbesar di dunia.

Termasuk siklus lengkap tata kelola minyak berat, berbagai teknologi yang digunakan hingga desain dan aspek operasional. Mulai dari pengangkatan minyak mentah hingga pemulihan termal di akhir proses pada operasi steamflood.

Pemaparan kemajuan implementasi EOR steamflood PHR diakui sebagai benchmark bagi operator lain dalam implementasi EOR steamflood.

Inisiatif berikutnya adalah pemaparan teknologi untuk meningkatkan pemanasan dan drainase di area kompleks dengan struktur patahan tinggi dan kemiringan rendah pada proyek steamflood minyak berat di lapangan Area-9 X.

Strategi ini membantu PHR dalam memaksimalkan perolehan minyak dan meningkatkan profitabilitas proyek.

Dalam bidang tata kelola jaringan pipa, PHR memperkenalkan teknologi digital twin yang dikembangkan untuk melakukan simulasi hidraulik otonom pada jaringan pipa terbesar dan paling kompleks di Indonesia.

Teknologi ini memungkinkan PHR untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja jaringan pipa secara real-time, sehingga meningkatkan efisiensi dan keandalan operasi.

Sementara itu, dalam tata kelola produksi minyak berat (heavy oil), para perwira memberikan pemaparan mengenai siklus lengkap tata kelola minyak berat, mulai dari pengangkatan minyak mentah hingga pemulihan termal di akhir proses pada operasi steamflood.

“Partisipasi PHR WK Rokan di OPES 2024 tidak hanya menunjukkan komitmen perusahaan dalam transformasi digital dan pengelolaan injeksi uap, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan yang unggul dalam teknologi industri migas dunia, baik teknologi surface maupun subsurface,” ujar Edwil Suzandi, Senior Vice President Upstream Business PHR.

Edwil menambahkan bahwa keikutsertaan PHR dalam forum internasional seperti OPES 2024 memberikan kesempatan bagi para perwira untuk belajar dari praktik-praktik terbaik global, serta menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan utama di industri energi. (TR/**)

Pos terkait