PHR tegaskan semangat tingkatkan produksi untuk Ketahanan Energi Nasional di Harkitnas

Pekanbaru (Outsiders) – Peringatan Hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 di lingkungan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berlangsung khidmat dan penuh makna.

Upacara digelar di Lapangan RCC Rumbai, Senin pagi (20/5/2024) diwarnai rasa nasionalisme tinggi oleh ratusan pekerja dan mitra kerja PHR serta semangat untuk meningkatkan produksi minyak dan gas (migas) untuk ketahanan energi nasional.

Bacaan Lainnya

Upacara dipimpin langsung EVP Upstream Business PHR WK Rokan Edwil Suzandi.

Upacara diisi dengan pembacaan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Ari Setiadi yang mengajak segenap anak bangsa untuk siap menghadapi perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Bangkit dan terus belajar untuk beradaptasi dengan teknologi baru. Penguasaan teknologi, merupakan keniscayaan bagi anak bangsa dalam menyongsong Indonesia Emas.

“Inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari, kecepatan bak lompatan kuantum. Dalam dua dekade terakhir, perubahan demikian pesat.

Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia. Semua seperti mendekat, jarak tak lagi relevan. Kehadiran visual menyempurnakan kehadiran suara,” kata Edwil membacakan pidato menteri.

Sementara itu, saat ini telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia.

Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

“Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi.

Presiden juga menekankan bagaimana di dalam sejarah peradaban negara-negara dan bangsa, kesempatan itu hanya datang satu kali, oleh karenanya kita sama sekali tidak boleh keliru dalam memilih langka,” tuturnya.

Dalam aspek bisnis, sosial dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabiltias bisnis.

Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigas dan adaptasi perubahan iklim.

Selaras dengan hal tersebut, PHR sebagai tulang punggung energi bangsa terus berupaya meningkatkan produksi dalam mempertahankan bahkan meningkatkan energi nasional. Semangat juang dan rasa nasionalisme yang tinggi dari para pekerja untuk terus berinovasi menjaga ketahanan energi membuat PHR saat ini hadir sebagai produsen minyak nomor satu di Indonesia.

“Ini semua tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras para pekerja dan mitra kerja. Dengan segenap inovasi dan teknologi yang dihadirkan, sampai saat ini PHR menjadi produsen migas nomor satu di Indonesia. Mari bersama-sama untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam mempertahankan energi untuk negeri yang kita cintai ini,” kata Edwil.

Peringatan Harkitnas tahun 2024 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”. Melalui momentum ini, diharapkan dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Upacara Harkitnas sekaligus menjadi salah satu bukti komitmen untuk terus menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme bagi bangsa dan negara. Dengan semangat kebangkitan nasional, diharapkan perusahaan dapat terus berkontribusi dalam membangun Indonesia. (TR/**)

Pos terkait