Pacu Jalur Kuansing berawal abad ke 17

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Drs Azhar MM menjelaskan tradisi pacu jalur merupakan tradisi dari dahulu dan tidak bisa lekang dari masyarakat Kuansing. Foto: Outsiders

Kuansing (Outsiders) – Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Drs Azhar MM menjelaskan tradisi pacu jalur merupakan tradisi dari dahulu dan tidak bisa lekang dari masyarakat Kuansing, dari sejarah Pacu Jalur ini sudah dimuali sejak abad ke 17.  Sehingga tradisi pacau jalur menjadi kebanggaan masyarakat Kuansing baik yang berada di Kuansing dan para perantau yang ada diluar Kuansing.

Jalur merupakan alat transportasi utama warga desa di Rantau Kuantan, yakni daerah di sepanjang Sungai Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu hingga Kecamatan Cerenti, Kecamatan Cerenti di hilir. Saat itu memang belum berkembang transportasi darat.

Bacaan Lainnya

“ Tahun 2023 lalu minat mereka yang menontot pacu jalur sangat besar dan di medsos sampai tayang 24 juta kali, ini menunjukkan bagimana pacu jalur menjadi daya tarik sendiri bagi mereka yang tidak bisa hadir langsung di gelanggang pacu untuk menonton,” katanya

Penyampaian Azhar tersebut pada Temu Ramah yang digelar oleh Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr H Suhardiman Amby MM dengan Temu Ramah dengan Tim Ekspedisi Jurnalistik PWI Riau, di Rumah Makan Sederhana Teluk Kuantan, Jumat (7/6). Kegiatan tersebut bersempena dengan rencana kegiatan Hari Pers Nasional Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024. Kuansing akan menjadi Tuan Rumah perhelatan tersebut pada 20 Juli 2024 mendatang.

Sebelumnya, tim ekspedisi telah meninjau proses pembuatan jalur di Kampung Baru Kecamatan Sentajo Raya, sebagai salah satu referensi untuk Lomba Karya Jurnalistik (LKT) PWI Riau Tahun 2024. Tradisi Pacu Jalur menjadi topik utama lomba dengan mengangkat tema Budaya Lestari, Pariwisata Maju, Ekonomi Bangkit dan Masyarakat Sejahtera.

Bupati Dr H Suhardiman Amby MM diwakili oleh Asisten III Drs Rustam Mahmud, didampingi Kadis Kominfoss, Hendra Roza SSi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs Azhar MM, Staff Khusus Bupati, Tokoh Masyarakat Darwis, Kepala Bidang Komunikasi Nasrul, S Sos MSi, Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra, dan ratusan tim ekspedisi jurnalistik PWI Riau serta seluruh anggota PWI Kuansing.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby diwakili oleh Asisten III Rustam Mahmud menyampaikan apresiasi kepada tim ekspedisi jurnalistik PWI Riau atas antusiasnya untuk hadir ke Kuansing. “Semoga dengan hadirnya tim ekspedisi jurnalistik, Pacu Jalur semakin besar gaungnya di Indonesia bahkan Mancanegara,” ungkapnya.

Harapannya, dengan semakin dikenal masyarakat luas dengan tradisi pacu jalur baik nasional dan internasional diharapkan menignkatkan kunjungan wisatawan ke Kuansing. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat berada di daerah ini. Pada akhirnya kesejahteraan masyarakat bisa tercapai diluar dari sektor pertanian dan perkebunan.

Sebelumnya, Bupati Kabupupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Dr. Suhardiman Amby, MM menyediakan bonus tambahan berupa paket umroh untuk pemenang pada Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Raja Ali Kenala PWI Riau tahun 2024. Hal tersebut uangkapkan Bupati Kuansing ketika menjalin ramah tamah usai makan siang bersama di rumah Kabid Komunikasi Kominfo Kuansing, Nasrul SSos di Jalan STM, Teluk Kuantan, Jum’at (7/6).

Sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2024 Tingkat Provinsi Riau, Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Raja Ali Kelana berhadiah total Rp 35 juta kembali digelar. Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau diajak turut serta mengikuti lomba lomba jurnalistik tahunann berupa karya tulis dan foto ini

Sementara itu,Ketua PWI Riau diwakili oleh Doni Putra mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kuansing, H. Suhardiman Amby dan Kepala Dinas Kominfoss, Hendra Roza atas sambutannya. “Kuansing ini berbeda pak, kami merasakan Daerah ini begitu tinggi nilai budayanya. Pacu Jalur di Kuansing iini bukan hanya sebuah olahraga saja, tapi banyak nilai Budaya yang bisa kita angkat,” pungkasnya.

Acara tersebut juga diisi dengan Ekspos Pacu Jalur dengan Narasumber yakni Kadisbudpar Kuansing Drs. Azhar, MM dan Tokoh Masyarakat yang juga komentator Pacu Jalur, Darwis.(**)

Pos terkait