Petugas Medis Diskannak Siak temukan Cacing Hati pada hewan Kurban

Medis Diskannak, drh Herianto menemukaan cacing hati saat melakukan pemeriksaan posmortem pada hati kerbau. Foto : Outsiders

SIAK (Outsiders) – Petugas Medis Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Siak menemukan cacing hati pada kerbau dan sapi Kurban di empat kecamatan, Senin (17/06/24).

Parasit ini ditemukan dalam organ hati hewan kurban saat petugas sedang melakukan pemeriksaan Posmortem atau pemeriksaan setelah hewan disembelih.

Bacaan Lainnya

Hewan kurban yang terinfeksi tersebar di 4 kecamatan, yaitu di Kecamatan Mempura 1 ekor kerbau, Sungai Apit 2 ekor kerbau dan 1 ekor sapi, Kecamatan Siak 5 ekor kerbau, dan 5 ekor sapi asal Medan di Kecamatan Tualang.

Dengan temuan parasit dalam organ hewan kurban ini, Diskannak menyarankan untuk dimusnahkan, meski demikian, kata Kepala Diskannak Siak Kaharuddin, keputusan tetap ada pada panitia Kurban.

“Ini soal etis dan tidaknya saja, karena ini untuk ibadah dan dikonsumsi orang banyak, tentu baiknya memberi yang terbaik, kami hanya menyarankan, keputusan tetap di panitia kurban,” terang Kadiskannak Siak Kaharuddin.

Kata dia, pemeriksaan masih berlanjut hingga H+3 Idul Adha, karena kemungkinan masih ada yang melakukan pemotongan dihari ke 2 dan 3 dibeberapa kecamatan.

“Ya, biasanya masih ada pemotongan, petugas tentu akan memeriksa nantinya, kita upayakan masyarakat aman,” imbuhnya

Kahar Menerangkan, Saat ini tercatat ada 3.308 ekor hewan kurban yang disembelih pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, tersebar di 14 kecamatan.

Berikut rincianya, Sapi yang dikurbankan ada sebanyak 2.410 ekor, kerbau 85 ekor, dan kambing atau domba sebanyak 813 ekor.

“Ya ini data sementara kita di hari kedua Idul Adha tahun ini, data bisa terus berubah, kami menunggu laporan dari petugas lapangan,” tutup Kaharuddin. (Inf)

Pos terkait