Lomba Mancing FSS 2024 pikat ribuan Wisatawan

Bupati Siak Alfedri saat melempar kail pancing ke tengah Sungai Siak sebagai tanda lomba memancing FSS 2024 di buka.

SIAK (Outsiders) – Festival Sungai Siak (FSS) 2024 berakhir dan di tutup oleh Sekda Siak, Arfan Usman di pangung terapung Tepian Bandar Sungai Jantan, Kecamatan Siak, Minggu (23/06/24) malam.

Penutupan dimeriahkan oleh Micky AFI, penampilan seni tari dan musik seniman lokal yang memanjakan mata penonton yang hadir dimalam Closing Ceremony itu.

Bacaan Lainnya

Selama 3 hari pelaksanaan, iven berkonsep kebudayaan lokal ini mendapatkan banyak perhatian masyarakat dan wisatawan dari luar Kabupaten Siak, terutama 2 lomba yang digelar dalam iven itu, yaitu lomba memancing dan sampan hias.

Lomba yang paling memikat wisatawan adalah memancing, lomba ini dibuka oleh Bupati Siak Alfedri pada Sabtu (22/06/2024) pagi lalu, ditandai dengan pelemparan kail pancing oleh Bupati Alfedri ke tengah sungai, dilanjutkan pelepasan 10 ribu ekor benih ikan patin besama Forkopimda dan jajaran.

Dari 1.200 peserta memancing yang ikut bertanding, sebagian besar datang dari luar Kabupaten Siak, seperti Bengkalis, Pekanbaru, Pelalawan dan Kota Pekanbaru.

Bupati Siak Alfedri saat pembukaan mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari upaya mengangkat sejarah bahwa Sungai Siak berfungsi sebagai denyut nadi ekonomi masyarakat dan keberlangsungan kehidupan.

“Sejarah Sungai Siak adalah berfungsi untuk memberikan kehidupan, jalur transportasi, mata pencaharian dan sumber ekonomi masyarakat sepanjang Sungai Siak,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Siak, Tekat Perbatas Setia Dewa menambahkan, area pemancingan dibatasi, hanya boleh di sepanjang turap Tepian Bandar Sungai Jantan hingga Lasdap dan tidak diperkenankan memancing di Suak yang ada di sekitar turap.

Kata Tekat, tidak ada kriteria khusus jenis ikan yang dilombakan, semua jenis ikan yang hidup di Sungai Siak bisa dilombakan, yang jadi penilaian hanya berat ikan yang didapat oleh peserta.

“Yang paling berat itu yang menang”, singkatnya

Dalam perlombaan ini, Dispar Siak sudah menyiapkan hadiah yang sangat menarik, tidak main – main Dispar Siak menyediakan 1 unit mobil Daihatsu Ayla sebagai hadiah utama dalan lomba memancing ini. (Inf)

Pos terkait