Pages Navigation Menu

Traveling & Borderline Magazine

Tentang Kami

Sejumlah pulau di daerah terluar Indonesia jarang sekali terkekspos media, hal tersebut bisa jadi disebabkan jarak tempuh yang jauh dari titik terdekat jalur transportasi utama atau kondisi alam untuk menjangkaunya dianggap memiliki risiko tinggi.

Tak jarang konflik  muncul di daerah tersebut dan sulit untuk diselesaikan hingga berlarut, seperti kasus Pulau Sipadan dan Ligitan di Selat Makasar yang sudah mencuat sejak 1967 antara Indonesia – Malaysia. Kabar terakhir, kedua Pulau ini dinyatakan sebagai milik Malaysia oleh Pengadilan Internasional setelah sebelumnya berstatus quo.

Masih dengan Malaysia, konflik berbatasan kembali mencul ketika nelayan Malaysia ditangkap di Kepulauan Riau karena menjaring ikan di Peraiaran Indonesia dan tak berapa lama berselang,  tiga aparat Dinas Kelautan dan Perikanan Indonesia ditangkap polisi Diraja Malaysia di perairan Tanjung Berakit, sebelah utara pulau Bintan.

Sedikitnya 12 wilayah pulau terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berpotensi menimbulkan konflik dengan negara lain sehingga perlu mendapat perhatian dan penanganan serius pemerintah serta instansi terkait. Sementara, peran media juga sangat penting sebagai salah satu alat kontrol perbatasan dengan kemampuannya menyuarakan langsung ke ranah publik, baik secara nasional mapun internasional.

Majalah Outsiders, selain memberikan informasi seputar kegiatan luar ruang, juga berusaha untuk menjadi media pemantau daerah- daerah terluar Indonesia dengan harapan keutuhan NKRI tetap tegak kokoh sekuat jalinan pulau- pulaunya dari Sabang hingga Marauke.

Selain itu, dunia pariwisata juga menjadi target publikasi karena memiliki dinamika yang mampu mengikuti perubahan zaman sebagai lokomotif ekonomi masa depan. Indonesia dengan ribuan destinasi wisata perlu diberikan ruang publikasi agar keberadaan destinasi tersebut dapat diketahui khalayak ramai, sehingga mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung.

Dibalut dengan beragam informasi sosial, ekonomi dan budaya daerah- daerah di Indonesia, Majalah Outsiders menyajikan berbagai artikel menarik yang ditulis dengan pola deskriptif kepada pembaca sebagai usaha memberikan pemahaman untuk menambah khasanah dalam memahami warna- warni keragaman Indonesia.

 

Visi & Misi

Visi utama Majalah Outsiders adalah sebagai alat kontrol sosial dari sisi jurnalistik yang memberikan ruang publikasi kepada daerah perbatasan di seluruh wilayah Indonesia agar keberadaannya lebih dikenal,  baik secara nasional maupun internasional sehingga terwujudnya kawasan perbatasan sebagai Beranda Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia (NKRI).  Visi lainnya adalah sebagai media informasi kepariwisataan

Sementara untuk Misi, mempromosikan kawasan perbatasan dan destinasi pariwisata dari berbagai aspek sebagai masukan bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan pembangunan.

 

Pangsa Pasar Pembaca

Pangsa pasar Majalah Outsiders adalah pembaca yang membutuhkan informasi terkini seputar kawasan perbatasan/ daerah terluar dan destinasi wisata Indonesia dengan keanekaragaman budayanya, meliputi :

  1. Pasar Potensial Remaja/ Muda :
  • Pria Muda : 38%
  • Wanita Muda : 32%
  • Profesional, Pekerja swasta,
  • Pegawai Negeri dan TNI/ Polri : 30%
  1. Pasar Potensial Dewasa :
  • Pria Dewasa : 65%
  • Wanita Dewasa : 35%
  1. Komposisi Usia Pembaca :
  • Umur 20 : 9%
  • Umur 22 – 29 : 42%
  • Umur 30 – 39 : 41%
  • Umur 40 – 49 : 7%
  • Umur 50 – Keatas : 1%

 

Distribusi Majalah

Majalah Outsiders diterbitkan sebanyak 3.000 eks dengan peta pendistribusian  sebagagai berikut :

  1. Seluruh provinsi di Indonesia
  2. Konsulat Asing
  3. Maskapai Penerbangan
  4. Tour & Travel Agency
  5. Umum

 

Dikelola & dikembangkan oleh :

PT. Suka Mitra Mediatama

Nomor Akta Pendirian        : 52 Tanggal 21 April 2015 | Notaris Anisa Ikhsan S.H, M.Kn

SK Menkumham                  : AHU-0025004.AH.01.01.TAHUN 2018 | Tanggal 21 Mei 2018

Rekomendasi  Diskomifo   : 234/ 555/ REKOM-LKI/ 05/ 2018 Tanggal 22 Mei 2018

Tanda Daftar Perusahan   : 040115813433 |  Tanggal 05 Juni 2018

NPWP Perusahaan            : 84.762.588.6-216.000

 

Alamat Redaksi                    :

Jln. Cempedak Gg. Cempedak I No. 5 Wonorejo

Marpoyan Damai – Pekanbaru, 28125 – Riau

Telepon       : 0853 6317 1638/  0852 1121 1116

e-Mail           : redaksi@majalahoutsiders.com

Website        : www.majalahoutsiders.com