Berlibur di perbatasan Riau-Malaysia, intip Beting Aceh telusuri Selat Malaka

Pulau Beting Aceh, Rupat Utara, foto: Outsidersjourney
Menyibak gelombang pasang Selat Malaka di Pantai Ketapang, Desember 2022. Foto: Outsidersjourney

 

Adakah destinasi wisata alam yang indah di Provinsi Riau? Tentu saja, Riau punya, Pulau Beting Aceh. Pulau kecil ini terletak di Kecamatan Rupat Utara, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, salah satu kawasan perbatasan laut dengan negeri jiran, Malaysia.

Bacaan Lainnya

Ketika Outsidersjourney menerima tamu, rombongan keluarga besar yang salah satunya  berdomisili di Australia. Mereka sangat bersemangat ingin merasakan berada di perbatasan laut Indonesia – Malaysia tersebut. Info mereka dapatkan dari berselancar di dunia maya.

Rasa heran muncul, ketika tiba di Rupat Utara melalui jalan darat dengan menyeberangi kapal Roro dari Pelabuhan Purnama, Dumai. Begitu layar TV penuh dengan tayangan yang bahasanya sulit dimengerti. Berita dari TV 3 dengan Bahasa Melayu negeri jiran, Malaysia. Anak yang mau masuk Sekolah Dasar tersebut mendapat jawaban dengan kening yang seakan dikerutkan. Rasa ingin tahunya begitu besar, akhirnya ia menganggukkan kepalanya. “Jadi diseberang itu, Malaysia. Film Upin Ipin donk,” ucapnya riang.

Lain pula Ina, gadis yang lahir dan besar di Australia ini baru tamat kuliah. Baru ia mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat di perbatasan. Ia mengamati sambil menikmati liburan yang berbeda dari sebelumnya. “Di sini asyik, liburan yang tidak terlupakan,” sebutnya, sambil mengendarai ATV dengan lihai di trak di destinasi Pantai Tanjung Lapin.

Ingin mengenal pulau terluar Indonesia, bercengkrama dengan masyarakat perbatasan sebagai pagar betis beranda terdepan Indonesia, mau menikmati pantai dan kuliner ala-ala kampung yang khas, tak lupa beragam jenis ikan segar mengunggah selera, tunggu apalagi segera kontak Outsidersjourney di 0853 6317 1638 (syita). Salam Perbatasan.

Trip selanjutnya, Natuna, pintu gerbang empat negara, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja, pelayaran internasional Hongkong, Taiwan, Korea dan Jepang,  negeri kaya sumber daya alam dan view indah bak mutiara di ujung utara. Berminat? Kontak Outsidersjourney.

Berkendara ATV menikmati suasana sore di Pantai Tanjung Lapin, Rupat Utara, foto: Outsidersjourney

 

Pos terkait